Jumat, 05 Oktober 2018

Top 11 Lomba Essai Pemuda Tingkat Nasional Oleh Studec International dan Korea Exchange

La ode Abdul Haris Hijriansyah
Peranku Untuk Indonesia
Top 11 Lomba Essai Pemuda Tingkat  Nasional
Studec International dan Korea Exchange

Save Mother and Child  Dengan Pemberdayaan Mama Biang
Di Suku Nuaulu, Maluku Tengah

Kesehatan merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam kesejahteraan masyarakat. Karena terlalu penting, kesehatan disebut sebagai investasi untuk mendorong suatu perekonomian. Jika ditanya tentang peran, saya sebagai seorang mahasiswa kesehatan perlu menuangkan pemikiran terkait dengan masalah yang saya anggap urgent untuk dibahas sebagai bentuk cerminan agar dapat segera ditindak lanjuti. 

Saat ini ada masalah yang merupakan gabungan antara kesehatan dan budaya yang jika diusik akan berdampak pada penurunan nilai kearifan lokal mengingat Indonesia merupakan negara multikultural. Namun disisi lain jika tidak diatasi, maka akan berisiko kematian. Masalah tersebut adalah ritual pengasingan seorang wanita yang tengah hamil 9 bulan pada suku Nuaulu, Maluku Tengah. Masyarakat disana beranggapan bahwa wanita yang usia kehamilannya menginjak 9 bulan, maka dalam diri wanita tersebut banyak dikelilingi oleh roh-roh jahat yang dapat membahayakan ibu, anak yang dikandungnya maupun masyarakat sekitar. Namun, yang paling memprihatinkan adalah dalam proses persalinan, hanya dilakukan oleh mama biang (dukun beranak)  dengan peralatan yang masih sederhana. Berdasarkan data dari jurnal riset kesehatan tahun 2016 kematian akibat persalinan ada sekitar 228 per 100.000 kelahiran di Provinsi Maluku pada tahun 2012, sedangkan angka kematian bayi mencapai 59 (Dinas Kesehatan Maluku tengah, 2008). Ini merupakan masalah yang sangat riskan terkait dengan permasalahan kesehatan ibu dan anak di suku Nuaulu. Kenapa sampai hari ini masalah tersebut masih belum mendapatkan titik terang ? Saya punya dua persepsi kenapa sampai saat ini masalah tersebut belum dapat teratasi. Yang pertama karena Indonesia merupakan negara multikultural, maka jika budaya tersebut dihilangkan maka akan mengurangi jumlah Culture (Budaya) yang ada di indonesia sehingga muncul rasa enggan untuk mengatasi hal tersebut. Persepsi yang kedua adalah sulitnya mobilisasi tenaga kesehatan didaerah tersebut karena kepercayaan dan pengetahuan yang dianut oleh masyarakat setempat masih primitif sehingga belum bisa menerima keberadaan tenaga kesehatan. Untuk itu dalam tulisan ini saya menawarkan sebuah solusi yang merupakan benang merah permasalahan tersebut tanpa mengurangi nilai kearifan lokal. Solusi tersebut adalah memberikan pelatihan khusus mama biang terkait dengan proses persalinan sebagai upaya untuk melindungi ibu dan anak (save mother and child). Jadi, dalam proses persalinan tetap dilakukan oleh mama biang tetapi tetap didampingi oleh tenaga kesehatan. Sehingga peran antara mama biang dan tenaga kesehatan tetap ada dalam proses persalinan tersebut. Tentu program pendampingan tersebut tidak terlepas dari koordinasi antara pemerintah, dinas kesehatan setempat dan kepala suku Nuaulu untuk mewadahi program tersebut. Satu hal yang perlu diingat bahwa dikatakan  suatu pembangunan jika perubahan yang diberikan adalah kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu program pendampingan mama biang sebagai save mother and child merupakan salah satu pembangunan SDM dibidang kesehatan pada suku Nuaulu dengan memberdayakan mama biang sebagai perantara persalinan tanpa mengurangi nilai kearifan lokal untuk mewujudkan the gold generation Indonesia 2045 mendatang. 

Satu hal yang pasti yakni Tidak ada yang dapat memastikan masa depan bangsa. Oleh karena itu mari berupaya untuk mengatasi masalah pada suku Nuaulu, Maluku tengah. Jangan sampai pemimpin yang dapat memajukan Indonesia kedepan  terlahir dari tanah suku Nuaulu , Maluku tengah. Siapa yang sangka !!!



Pesan Buat Kalian Semua :
"Jangan Lupa Untuk Terus Berkarya,
Semua Tentu Berawal dari Mimpi, maka dari itu Bermimpilah,, Karena Mimpi Itu Gratis !!! Tapi Jangan Lupa, Wujudkanlah.. Karena Bentuk Penghargaan Tertinggi Terhadap Diri Sendiri Adalah Eksistensi Diri".

La Ode Abdul Haris Hijriansyah
Fisioterapi Unhas
Awardee Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI dan Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Penelitian Eksakta

PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA BIDANG PENELITIAN EKSAKTA (PKM-PE) PENDANAAN DIKTI TAHUN 2018 Combination Of Noni Fruit Extract (Mori...