Jumat, 05 Oktober 2018

KAPILER : Kolaborasi Peningkatan Sign Language Learning (Bahasa Isyarat) pada Siswa SD Laniang dan Siswa Penyandang Disabilitas Tuna Rungu SLB Laniang

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BIDANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM-M) PENDANAAN DIKTI TAHUN 2018



Our Team
Universitas Hasanuddin

KAPILER : KOLABORASI PENINGKATAN SIGN LANGUAGE LEARNING ( BAHASA ISYARAT ) PADA SISWA SD LANIANG DAN SISWA PENYANDANG DISABILITAS TUNA RUNGU SLB LANIANG

1)Achamd Nursyamsir,2) La Ode Abdul Haris Hijriansyah,3) Nurul Fauziah Arifin,4) Abdul Rahman,5) Ukhwani Ramadhani
1)Program studi Pendidikan Dokter, ,2,3) Program studi Fisioterapi, 4) Program studi Kimia, 5) Program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Hasanuddin Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10,Tamalanrea Indah, Kota Makassar
1)anchymacheda7@gmail.com,2) harishijriansyah@gmail.com,3) nurulfauziaharifin27@gmail.com,4) rahmans0611@gmail.com,5) ukhwaniramadani@gmail.com

ABSTRAK
Penyandang disabilitas adalah kelompok masyarakat yang memiliki keterbatasan yang dapat menghambat partisipasi dan peran serta mereka dalam kehidupan bermasyarakat.Salah satu kategori disabilitas adalah tuna rungu yang mengalami hambatan dalam kemampuan berbahasanya.Salah satu cara dalam menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya yakni melalui bahasa isyarat.Tujuan Pengabdian ini untuk membuat program pendampingan yang membantu komunikasi antara anak dengan tuna rungu dengan anak sebayanya melalui program pembinaan bahasa isyarat bagi siswa tingkat sekolah dasar. Metode yang dilakukan dengan pengajaran secara langsung kegiatan yang terdiri atas pre test, follow me, bergaya bersama., nobar, post test dan pementasan seni.Hasil menunjukan Dengan adanya program ini, para siswa tidak lagi merasakan jarak antara siswa SD dengan siswa penyandang disabilitas tuna rungu  SLB Laniang, Pengetahuan mereka tentang bahasa isyarat semakin hari semakin meningkat dan setiap pendampingan selalu menyimak dan memahami materi pembelajaran yang diberikan dibuktikan dengan perbandingan hasil pre test dan post test mereka. Untuk keberlanjutan program ini, tim Kapiler menerbitkan sebuah handbook berjudul “Beginner’s Guidance For Sign Language” agar siswa setiap saat dapat mempelajari bahasa isyarat sehingga putusnya komunikasi antara anak tanpa disabilitas tuna rungu dan anak dengan disabilitas tuna rungu dapat teratasi dan keefektifan belajar dapat berjalan kembali.

Kata Kunci: Disabilitas, Tuna rungu, Bahasa Isyarat 

SIGN LANGUAGE LEARNING ENHANCEMENT COLLABORATION FOR STUDENT IN LANIANG ELEMENTARY SCHOOL AND STUDENT WITH DEAF DISABILITY IN LANIANG SPECIAL SCHOOL FOR DISABLED

ABSTRACT
People with disabilities are the group of people that have impairment that can detain the participation and the roles of them in the social life. One of the category of disabilities is hearing impairment or deaf disabilities that have detention in their language proficiency. One way to adapt with environment around them is through sign language. The purpose of this dedication is to make accompaniment program that can help the communication between children with hearing impairment with children with the same age through sign language accompaniment program for elementary school students. The method which is used is direct teaching that consist of pretest, follow me, bergaya bersama, nobar (nonton bareng), post test and art performance. The result shows that with this program, the students with no hearing impairment are no longer feeling the distance with the students with hearing impairment from Laniang Special School for Disabled, their knowledge about sign language is increasing day after day and in each accompaniment they are always listening and understanding the materials that have been taught which is proved by the results of their pretest and post test. For the continuity of this program, Kapiler team will publish a handbook with title “Beginner’s Guidance for Sign Language” so the students can learn sign language every time to resolved the lack communication between the students with no hearing impairment and the students with hearing impairment  and the learning effectiveness can be going well.

Keywords: Disability, Deaf Disability, Sign Language






KAPILER
 (PROGRAM PENDAMPINGAN UNTUK ANAK PENYANDANG DISABILITAS TUNA RUNGU) TELAH MENDAPATKAN DANA HIBAH DARI DIKTI TAHUN 2018 DALAM RANGKA KEGIATAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BIDANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM-M)

Kegiatan ini telah menghasilkan buku ber-ISBN Sebagai salah satu bentuk luaran dari program pendampingan tersebut. Program ini merupakan suatu bentuk realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi
"Pengabdian Kepada Masyarakat"



La Ode Abdul Haris Hijriansyah
Fisioterapi Unhas
Awardee Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI dan Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Penelitian Eksakta

PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA BIDANG PENELITIAN EKSAKTA (PKM-PE) PENDANAAN DIKTI TAHUN 2018 Combination Of Noni Fruit Extract (Mori...